Lukisan Perjamuan Terakhir Karya Leonardo Da Vinci

Kisah Di Balik Lukisan Perjamuan Terakhir Lukisan ‘Perjamuan Terakhir’ dilukis oleh Leonardo Da Vinci, seorang artis Italia yang terkenal. Lukisan ini dibuat selama 7 tahun, dan menggambarkan 12 rasul serta Yesus sendiri yang sedang mengadakan perjamuan terakhir. Mereka ini dilukis berdasarkan model orang-orang yang hidup. Pertama-tama, Da Vinci memilih untuk melukis Kristus. Ratusan anak muda diamati untuk mencari pola wajah dan kepribadian yang cocok, tidak terlalu tercemar oleh dosa.

Akhirnya setelah berminggu-minggu, ada seorang anak muda berusia 19 tahun yang terpilih menjadi model diri Yesus Kristus dalam lukisan tersebut. Selama enam bulan, Da Vinci melukis karakter ini dengan serius. Selama enam tahun , Da vinci melanjutkan pekerjaannya. Satu demi satu, dia mencari tokoh-tokoh yang tepat untuk dilukis sebagai perlambang kesebelas rasul.

Akhirnya tinggal tokoh Yudas Iskariot sebagai tahap akhir dari mahakaryanya. Yudas Iskariot ? Dia adalah murid yang mengkhianati Yesus dengan imbalan 30 keping perak atau setara nilainya dengan US$16,95. Selama berminggu-minggu, Da Vinci mencari orang berwajah keras, bertampang penipu dan suka mengkhianati teman sendiri.

Akhirnya dia menemukan sesosok pria di penjara bawah tanah di Roma. Orang tersebut dijatuhi hukuman mati sebagai seorang penjahat dan pembunuh. Ketika Da Vinci melihatnya dalam kegelapan bawah tanah, dia melihat pria yang tak terurus, berewokan dan rambutnya yang tidak disisir, menutupi raut mukanya. Seraut wajah yang melukiskan sifat yang sangat kejam dan bejat. Inilah sosok yang dapat mewakili karakter Yudas dalam lukisan, pikir Da Vinci. Atas seijin raja, tahanan ini dibawa ke Milan untuk dilukis.

Selama enam bulan tahanan ini duduk di hadapan Da Vinci. Saat menyelesaikan sapuannya yang terakhir, Da Vinci berkata kepada pengawal, “Saya sudah selesai. Bawalah tahanan ini keluar.” Saat itu, si tahanan mendadak melepaskan diri dari pengawasan si pengawal dan berlari menuju ke Da Vinci seraya menangis, “Oh, Da Vinci, pandanglah saya ! Apakah anda tidak tahu siapa diri saya sebenarnya ?” Dengan mata tertatih, Da Vinci mengamati wajah si tahanan. Ia menggeleng-gelengkan kepalanya, “Tidak, saya tidak pernah melihat anda sebelumnya hingga anda diijinkan ke luar dari penjara bawah tanah Roma.”

Sambil menengadahkan wajah ke atas, tahanan itu menangis dan berdoa, “Ya Tuhan, apakah saya sudah terjatuh begitu dalamnya ?” Lalu dia memandang kembali si pelukis dan sambil menangis dia berkata, “Da Vinci, saya adalah anak muda yang pernah anda lukis 7 tahun yang lalu sebagai perlambang Yesus !”

Inilah kisah nyata di balik lukisan ‘Perjamuan Terakhir’, yang mengajar kita tentang besarnya pengaruh pemikiran yang benar dan yang salah bagi seseorang. Anak muda yang tadinya begitu murni dan tidak terlalu tercemar oleh dosa-dosa dunia, tujuh tahun kemudian jatuh ke dalam dosa dan kejahatan. Dia pun berubah, dari perlambang Yesus, menjadi perlambang karakter seorang Yudas Iskariot.

sumber: http://reeleks.wordpress.com

About these ads

19 gagasan untuk “Lukisan Perjamuan Terakhir Karya Leonardo Da Vinci

  1. klu bleh tanya…..
    siapa yg berada di sebelah kanan yesus..? klu dilihat sepintas seperti wanita, mengapa bisa demikian krn menurut sejarah pd saat penjamuan terakhir seluruh murid yesus itu pria…..

    • toh davinci jg ga hidup saat yesus hidup.. perjamuan terakhir yg da vinci lukis itu bentuk penghormatan dan iman da vinci pd yesus. dia pengen merealisasikan apa yg dia tangkap setelah membaca alkitab. darimana km tw kalo tu cewek.. dah buka bajunya kamu?? toh jaman dulu rambut smua orng panjang2 coz lom da barber shop.

      • kebanyakan nonton film ni orang.. orang2 pada zaman dahulu memang berambut panjang, jadi wajar kalau terlihat seperti wanita.. Yesus sendiri pun berambut panjang, lantas maka kita menyebut Dia sebagai perempuan? Tidak kan..

    • iyaa..itu memang perempuan bisa dilihat dari dadanya…di buku the da vinci code juga bilang kalau itu perempuan..bahkan ada yang bilang itu istri yesus,karena pakaian yang mereka pakai serasi dan melambangkan suami istri

  2. itu sih bodoh, yang benar dia itu yohanes pembaptis memang davinci sengaja mencari karakter lembut yang menyerupai wanita, karna menurut sejarah begitu. . .
    hitung saja total orang di sekitar yesus ada 12 sama dengan total murid yesus. . . tidak lebih tidak kurang. . .

  3. kalo menurut aq sih itu memang cewek soalnya kalo gambarnya, tu di pinah ke sebelah Yesus pokoknya cocok mesra bget,,, hahahha jadi inget film Da Vinci Coe, tu film bener ga yha kalo salah sama ajha ngelecehin iyha ga,,,

  4. itu adalah maria magdalena, istri yesus. davinci adalah pelukis yang flamboyan dan pandai menyembunyikan sesuatu. liat saja baju yesus dan maria magdalena. warna baju magdalena adalah biru, dan baju yesus merah. yin dan yang. air dan api.

    di sebelah samping magdalena ada tangan yang ganjil dan seseorang pria yang sedang mendekati magdalena. tangan tersebut seperti akan menggorok leher magdalena. yang menandakan pria tersebut tidak suka akan kehadiran istri yesus. sekali lagi davinci berhasil menarik seniman untuk menyampaikan pesan2 nya.

  5. Agama itu harusanya sesuatu yg benar dan tak ada keraguan didalamnya karena tidak ada rahasia yang disimpan seolah-olah menutupi kebenaran.

  6. komennya baguz2, aq percaya ap yg di tulis kitab suci jak lah. kslo film the davinci code, ga tau dpt ide drmn analisisny?!

  7. Bodoh itu namanya @ yang bilang sebelah YESUS adalah “cewek”.
    Jelas-jelas orang zaman dulu rambutnya panjang-panjang. Terus masalah pakaian, kebetulan itu bajunya yang hampir sama. Edan yo, baju seragam ajo dibilang “serasi atau suami istri”. Itu tu yang ngomong hal bodong seperti ini, mustinya pikir panjang + secara logis donk. Jangan cuman asal nyeplos + mencerca doank.
    Makanya baca Quran atau Bible untuk info lebih jelas. Cuman baca makh kagak ape2 kaleee…
    We aje sering denger orang ngaji aje biasa aje (Sorry We orangnye kagak fanatik). Jadi mau baca Quran ataupun denger orang ngaji, sudah hal biase buat We…

  8. g usah diributkan. cuma lukisan hasil lamunan orang kx. lagi pula lukisan itu trlhat jnggal. ky orang pd action di dpn kamera. umumnya perjamuan, kan mengitari meja. g pd ngumpul di satu sisi meja. prhatikan……
    mirip pd action syuting sinetron atau didepan tustel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s