Tokoh Kartun Legendaris Dunia

Mickey Mouse dan Donal Duck. Adalah dua tokoh kartun Animasi pertama, yang dihasilkan pada tahun 1901 dan diciptakan oleh seorang lelaki bernama Walter Disney.

Ia mendirikan sebuah perusahaan yang kian lama semakin merajai dunia kartun. Perusahaan yang menjadi rajanya animasi ini, adalah Walt Disney. Sudah ratusan film kartun yang diciptakan oleh perusahaan besar ini sampai sekarang.

Adanya animasi, berawal dari kontribusi hasil karya seseorang yang bernama Walt Disney. Lahir dengan nama Walter, dengan nama panggilan Walt yang sejak kecil sudah memiliki hobi menggambar, khususnya gambar kartun. Mulai dari sketsa, hingga kartun yang berwarna.

Saat remaja, ia pergi kerumah pamannya untuk berkunjung dan berjalan-jalan mencari sesuatu di ladang pamannya. Disana, ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya.

Melihat banyaknya tikus, suatu saat ia terinspirasi. Muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya kedalam bentuk kartun. Maka, dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya.

Banyaknya imajinasi yang muncul, membuatnya tergerak melakukan proses pencarian bentuk. Mulai dari bagaimana menggambarkan komponen-komponen anggota tubuh tikus, agar terlihat lucu, menarik, dan tidak menjijikkan.

Dari proses tersebut, maka lahirlah Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mulanya, bentuk Mickey masih sederhana. Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi mulai dari bentuk telinga yang dibuat bulat.

Bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya.

Dan Mickey Mouse, melakukan debutnya di layar perak dalam film bertajuk ‘Steamboat Willie’ pada 18 November 1929.

Bentuk tersebut lama-kelamaan berevolusi menjadi bentuk yang lebih detail dan bervariasi pada pakaian yang dikenakan. Pada awalnya, kartun yang di buat animasinya ini tanpa suara. Hanya mengandalkan gerakan objeknya saja.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, maka pada akhir era 60-an film kartun ini akhirnya dapat diisi dengan suara.

Keberhasilan karakter Mickey Mouse dipasaran ini mengawali tumbuhnya industri animasi yang berskala lebih besar lagi, dan makin banyak karakter-karakter kartun yang bermunculan.

Salah satu tokoh kartun terkenal lainnya karya Walt Disney adalah Donal Duck. Tokoh tersebut memulai debutnya pada tanggal 9 Juni 1934, dalam suatu pagelaran.

Pada saat itu, sifat berapi-apinya sangat disayangkan oleh para pemirsanya. Dan pada tahun 1940, popularitasnya melebihi Mickey Mouse di nomor gambar lucu yang kemudian ordernya cukup laris untuk gedung-gedung bioskop di Amerika.

Sampai akhirnya, terbentuklah 128 film kartun Donal Duck pada saat itu, dimana dia selalu lebih unggul dari Mickey Mouse, Gufi, dan Pluto.

Suara Asli Donal Duck berasal dari seorang pemuda Amerika yang bernama Clarence ‘Ducky’ Nash, dimana dia merasakan kesuksesan bersama Donal Duck selama 50 tahun. Kemudian Clarence Nash, digantikan oleh Tony Anselmo. Pada tanggal 7 Februari 1938, Donal Duck mulai masuk pada sebuah komik koran.

Meski sedikit bawel, namun Donal Duck selalu memiliki rasa pamrih yang baik. Dia selalu perhatian terhadap orang yang perduli padanya.

Donal sendiri mempunyai nama lengkap yaitu Donald Fauntleroy Duck. Nama Fauntleroy, berasal dari setelan pakaian pelaut yang selalu dikenakannya.

Situs Disney menyatakan tanggal kelahiran Donal Duck jatuh pada tanggal 9 Juni 1934, dengan debut film yang dirilis berjudul ‘The Three Caballeros’. Sejak Tahun 1999, suara Donal Duck tidak lagi dipegang oleh Tony Anselmo.

Namun dipegang oleh seorang Jepang yang bernama Koichi Yamadera. Koichi sendiri, dilatih suaranya oleh Tony Anselmo.

 

 

sumber: http://www.citydirectory.co.id/news/item/world-legendary-cartoon-characters-

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s