Dimorphodon – Dinosaurus Terbang Pertama

DimorphodonPemburu pembunuh yang menakutkan ini adalah salah satu dari pterosaurus pertama, atau reptil terbang. Dengan kepalanya yang besar, rahang yang menghancurkan dan cakar mengerikan, Dimorphodon merupakan pemandangan yang luar biasa pada saat mereka terbang untuk berburu.

Dimorphodon terbang diangkasa sekitar 180 juta tahun yang lalu, memakan hewan air maupun daratan. Sayapnya sempit dan meruncing, seperti burung walet, dan terdiri dari selembar kulit yang terhubung dengan kaki depannya dan menjadi jari ke-empatnya. Berfungsi untuk menopang, pengendali terbang dan untuk terjun berenang secara tiba-tiba. Mereka memiliki penglihatan yang tajam, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk lolos.

Info Dino

Panjang : 2.5 meter, dengan 20 centimeter kepala, 1 meter badan dan 1.25 meter ekor

Lebar sayap : Sekitar 1.4 meter

Makanan : Ikan, Cumi-cumi dan mungkin hewan darat seperti kadal

dimorphodon

Fosil Dimorphodon yang pertama ditemukan pada tahun 1828 di Dorset, Inggris, oleh ahli fosil Mary Anning. Sebagian besar fosil ditemukan di sebelah selatan Inggris, walaupun satu fosil baru-baru ini ditemukan di Mexico, membuktikan bahwa, pada saat reptil ini hidup, daratan Eropa dan Amerika menjadi satu bagian dari satu benua, Pangaea.

Fakta Lain

  • Karena Dimorphodon berburu ikan, maka mungkin bulu mereka anti basah. Seperti dengan burung dan mamalia laut saat ini, reptil ini mungkin memiliki kelenjar minyak didalam kulitnya yang mengeluarkan lapisan anti air. Mereka mungkin menjilati tubuhnya secara teratur uantuk menjaga bulunya dalam keadaan baik.
  • Dimorphodon dan reptil terbang lainnya mungkin bertelur, walaupun tidak ada fosilnya yang pernah ditemukan. Sang betina mungkin mengerami telur-telurnya seperti burung, atau telur-telurnya ditinggalkan untuk menetas di karang yang tinggi yang langsung mendapatkan sinar matahari secara langsung.
  • Menurut para ahli, reptil terbang mungkin memberikan makan anaknya dari mulutnya, atau membawa sebagian makanan yang telah dicerna dari perutnya, seperti banyak burung pada saat ini.

 

sumber: http://planetdino.net/2009/12/23/dimorphodon-dinosaurus-terbang-pertama/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s