Tahukah Anda Bahwa Penyu Dapat Menangis Dan Pinguin Beringus

Banyak terdapat mahluk hidup didunia ini, ada tumbuhan, hewan dan juga termasuk kita sendiri yaitu manusia. Kebanyakan dari kita tidak mengetahui dan menyadari kalau hewan pun juga bisa menangis seperti manusia. Namun hal itu disebabkan oleh penyebab yang berbeda dengan manusia. Karena kandungan garam yang berlebihan pada air laut, maka membuat sang hewan seperti penyu yang hidup dilaut membuat tubuhnya kelebihan garam dan menangis, begitupula pada penguin karna kelebihan garam pula bisa membuat ia beringus.

Burung laut dan reptilia laut menghadapi masalah osmotik yang sama, yaitu kelebihan garam. Bagaimana cara mereka mengatasinya?

Reptilian laut memiliki kelenjar sekresi garam dikepala mereka. Pada penyu kelenjar sekresi garam terletak di belakang mata, dan dari tempattersebut cairan muncul melalui mata. Oleh sebab itu penyu mengeluarkan air mata. Pada kadal laut iguana di kepulauan Galapagos, kelenjar ini bermuara di rongga hidung. Pada kadal, pengeluaran nafas berlangsung kuat dan cairan bergaram dikeluarkan seperti semprotan.

Kelenjar serupa ( kelenjar sekresi ) juga ditemukan pada burung – burung laut seperti penguin, burung camar, dan burung laut lainya. cairan bergaram keluar dari lubang hidung, sehingga hidung burung tersebut seperti beringus.aktivitas kelenjar sekresi garam dapat dihubungkan dengan kebiasaan makn dan jenis makanannya. Seperti burung laut petrel yang senang memakan plankton-plankton laut yang mengandung banyak garam dan menghasilkan cairang berkonsentrasi tinggi (pekat) dari kelenjar sekresi garam. Dan sebaliknya burung laut cormorant senang memakan ikan pinggir pantai yang mengandung sedikit garam dan menghasilkan cairan bergaram yang konsentrasinya rendah (encer).

{jcomments on}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s