Bakteri Sakazakii

Bakteri Sakazakii atau lengkapnya Enterobacter sakazakii yang belakangan ini ramai diperbincangkan, karena diduga mencemari makanan dan susu formula beberapa merk yang beredar di pasaran. Bahkan tiga lembaga yaitu IPB, BPOM, dan Kementrian Kesehatan telah mengumumkan akan hal ini, tetapi sampai saat tulisan ini di publish, belum ada daftar merk susu berbakteri tersebut yang resmi dikeluarkan oleh lembaga-lembaga yang bersangkutan.

Bahaya Bakteri E. sakazakii

Bakteri sakazakii sangat berbahaya karena bisa menyebabkan radang selaput otak, infeksi saluran pernapasan bagian bawah, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran kemih, infeksi dalam perut, radang jantung, radang sendi, osteomyelitis, dan infeksi mata dan juga radang usus pada bayi.

bakteri sakazakiiBayi berumur sampai 28 hari sangat rentan terinfeksi bakteri sakazakii ini. Selain itu bakteri sakazakii juga mudah menyerang pada bayi yang lahir prematur, bayi yang lahir dari ibu yang mengidap HIV, bayi yang lahir dengan berat badan rendah dan bayi yang mempunyai kelainan sistem tubuh.

Angka kematian akibat bakteri sakazakii ini bisa mencapai 40 persen hingga 80 persen. Dilaporkan, satu minggu setelah diagnosa terkena infeksi bakteri sakazakii ini, 50 persen penderitanya meninggal dunia.

Penyebaran Bakteri E. sakazakii

Bakteri sakazaii bukan merupakan mikroorganisme normal yang berada di dalam saluran pencernaan manusia. Sehingga kemungkinan sumber infeksi bakteri sakazakii ini berasal dari tanah, air, sayuran lalat dan tikus. Dalam lingkungan industri makanan, bakteri ini dapat ditemukan si lokasi pabrik susu, kentang, pasta dan cereal. Lingkungan yang mengandung banyak air dan tanah yang lembab juga bisa menjadi penyebab penyebaran bakteri sakazakii ini. Beberapa makanan yang berpotensi untuk tercemar bakteri ini antara lain sosis, keju, sayuran, susu bubuk dan daging cincang yang diawetkan.  (sumber artikel dan gambar : wikipedia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s