20 Jenis Ikan Koki

Kita pasti sudah mengetahui ikan hias yang satu ini. Ikan koki atau ikan mas koki ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Ikan ini memiliki banyak penggemar karena bentuknya yang sangat unik dan cantik. Bentuk ikan ini sangat aneh dan sulit untuk di tebak. Sehingga, banyak orang yang mengatakan bahwa ikan ini sangat fantastik. Jenis-jenisnya pun sangat beragam. Mungkin, sebagian jenis ikan koki yang ada masih sangat asing bagi kita. Oleh karena itu, mari kita mengenal satu persatu jenis-jenis ikan koki ini.

Ikan Mas Koki Oranda

Ikan-Koki-Oranda

Ikan mas koki oranda adalah jenis ikan mas koki yang paling terkenal di dunia. Peminat ikan koki jenis ini cukup banyak. Karena Ikan jenis ini memiliki kemiripan dengan ikan koki lionhead. Perbedaannya hanya terdapat pada sirip punggung. Kalau ikan oranda mempunyai sirip sedangkan ikan koki lionhead tidak punya sirip.

Ikan Mas Koki Rancu

Ikan-Mas-Koki-Ranchu

Ikan mas koki ranchu merupakan jenis ikan koki yang tidak mempunyai sirip. Jenis ikan koki ini mempunyai banyak variasi warna. Namun, warna yang paling dicari oleh para pecinta ikan hias adalah warna kuning sedikit pucat dengan warna kepala merah.

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan-Koki-Bubble-Eye

Ikan mas koki bubble eye atau mata gelembung adalah jenis ikan koki yang paling unik. Karena posisi mata pada ikan ini tertutup gelembung. Gelembung tersebut bisa pecah jika kita tidak merawat dengan baik.

Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan-Koki-Ryukin

Ikan mas koki ryukin adalah jenis ikan mas koki yang mempunyai sirip yang sangat besar. Bahkan, ukuran siripnya dua kali lipat dari ukuran badannya. Pada umumnya, ikan ini berwarna merah. Namun, masih ada beberapa variasi warna yang tidak kalah cantik dengan warna merah.

Ikan Mas Koki Komet

Ikan-Koki-Komet

Ikan mas koki komet merupakan ikan koki yang sangat berbeda dengan ikan koki pada umumnya. Ikan mas koki komet memiliki tubuh yang ramping. Selain itu, ikan ini memiliki ekor yang panjang dan hanya satu ekor.

Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan-Koki-Black-Moor

Ikan mas koki black moor adalah jenis ikan koki yang memiliki warna hitam dengan tambahan sedikit warna kuning keemasan. Selain itu, ikan ini juga memiliki mata yang besar dan melotot.

Ikan Mas Koki Calico

Ikan-Mas-Koki-Calico

Ikan mas koki calico adalah jenis ikan koki yang mempunyai bercak-bercak hitam kecil tidak beraturan di seluruh tubuhnya. Bercak-bercak hitam ini yang menambah cantik ikan jenis ini.

Ikan Mas Koki Butterfly Tail

Ikan-Koki-Butterfly-Tail

Ikan mas koki butterfly tail atau biasa disebut juga jikin merupakan jenis ikan koki yang paling langka. Ikan jenis ini memiliki keunikan di ekornya yaitu berbentuk diagonal atau hurf “X”.

Ikan Mas Koki Choten Gan

Ikan-Koki-Choten-Gan

Ikan mas koki choten Gan adalah jenis ikan koki yang berasal dari Cina dan Korea. Jenis ikan ini sangat aneh karena matanya mengarah ke atas.

Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan-Mas-Koki-Sisik-Mutiara

Ikan koki mutiara atau disebut juga chinsurin termasuk dalam jenis ikan koki yang cukup unik. Karena sisik ikan ini timbul dan warnanya seperti warna mutiara.

Ikan Mas Koki Fantail

Ikan-Mas-Koki-Fantail

Ikan mas koki fantail merupakan jenis ikan hias koki yang paling digemari di Jepang. Ikan ini memiliki satu sirip atas yang tegak dan empat sirip bawah.

Ikan Koki Lionhead

Ikan-Koki-Lionhead

Ikan mas koki lionhead merupakan jenis ikan hias yang yang sangat terkenal di Jepang. Jenis ikan ini memiliki benjolan di seluruh kepalanya seperti rambut singa.

Ikan Koki Hanafusa

Ikan-Mas-Koki-Hanafusa

Ikan mas koki hanfusa adalah jenis ikan koki yang memiliki struktur tubuh dan kepala seperti lionhead. Namun, terdapat sedikit perbedaan di bagian kepalanya yaitu terdapat daging yang tumbuh di atas kepalanya. Jadi, itu bukanlah benjolan, tetapi seperti daging yang tumbuh.

Ikan Mas Koki Telescope Eye

Ikan-Mas-Koki-Telescope-Eye

Ikan mas koki telescop eye atau demekin merupakan jenis ikan koki yang memiliki mata yang melotot seperti teleskop. Bentuk mata ini belum bisa terlihat pada anakan ikan yang berumur sekitar tiga bulan.

Ikan Koki Panda Moor

Ikan-Koki-Panda-Moor

Ikan mas koki panda moor memiliki bentuk tubuh dan sirip yang sangat mirip dengan jenis ikan koki black moor. Yang membedakan adalah warna yang dimiliki ikan koki panda moor berwarna hitam dan putih. Perpaduan kedua warna tersebut terlihat seperti warna hewan panda.

Ikan Mas Koki Shubunkin

Ikan-Koki-Shubunkin

Ikan mas koki shubunkin adalah jenis ikan koki yang memiliki tubuh seperti ikan koki komet. Namun, hal yang membedakan ikan ini adalah ikan koki shubunkin ini memiliki warna yang beragam.

Ikan Mas Koki Tosakin

Ikan-Koki-Tosakin

Ikan mas koki tosakin atau di sebut juga ikan mas koki ekor rumbai termasuk ikan koki yang banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan ikan ini memiliki ekor yang rumbai. Hal ini menjadikan ikan ini terlihat sangat cantik.

Ikan Mas Koki Sakura

Ikan-Mas-Koki-Sakura

Ikan mas koki sakura merupakan jenis ikan yang memiliki warna merah dan putih. Jenis ikan ini termasuk dalam ikan koki yang mewah.

Ikan Mas Koki Watonoi

Ikan-Mas-Koki-Watonai

Ikan mas koki watanoi merupakan jenis ikan koki yang memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ikan koki yang lainnya. Namun, jenis ikan ini masih belum terlalu terkenal di kalangan para pecinta ikan hias.

Ikan Mas Koki Wakin

Ikan-Mas-Koki-Wakin

Ikan mas koki wakin merupakan jenis ikan yang sangat mirip dengan nenek moyang ikan koki. Warna utama yang dimiliki oleh ikan koki ini adalah warna merah putih, orang putih, orange, dan putih.

Sumber: duniaq.com/inilah-20-jenis-ikan-koki/

2 thoughts on “20 Jenis Ikan Koki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s